Pengelolaan dan persediaan barang

Praktikum 6 Pengelolaan Persediaan

Tujuan
Mahasiswa mampu :
1.    menggunakan perangkat lunak OpenERP untuk melakukan proses bisnis penjualan
2.    menggunakan perangkat lunak OpenERP untuk melakukan proses bisnis prokuremen
3.    menggunakan perangkat lunak OpenERP untuk mengecek persediaan barang
Pengumpulan
E-learning, individual
Langkah Kerja
Silakan mengerjakan praktikum dengan mengikuti contoh kasus di bawah ini !
A.Penerimaan Barang dari Pemasok
A.1 Setting Data

Tabel 1 Data pemasok:
Supplier                            Contact Name            Street
PT Indah                               Susilowati            Jl. Nuri No 24 Batam
PT Buana Lestari                 Muhlisin              Jl. Terusan Utama No 10 Batam

Silakan Anda capture daftar produk Anda (harus kelihatan ketiga item di atas), di menu Purchases->Products-> Products




Gambar 1 Hasil Capture Daftar Produk Awal
A.2 Membuat Permintaan Quotation
Langkah-langkah :
•    Buat Requests for Quotation(RFQ) ditujukan kepada 2 pamasok di atas. Isi purchase order untuk setiap pemasok adalah :
Product : Gula Pasir
Quantity : 1000
Schedules Date : 23 Maret 2012
•    Silakan Anda isikan kedua produk lainnya, dengan Quantity dan Schedules Date dibuat sama dengan Gula pasir
•    Silakan Anda capture dokumen RFQ yang ditujukan untuk PT Indah





•    Silakan Anda capture dokumen RFQ yang ditujukan untuk PT Buana Lestari






A.4 Menerbitkan Pesanan Pembelian
Pada praktikum ini, pemasok yang dipilih adalah PT Indah. Sebelum membuat Purchase Order (PO), silakan Anda kembali ke dokumen Requests for Quotation yang ditujukan ke PT Indah. Anda perbarui unit price di daftar request for quotation. Silakan Anda perbarui unit price dengan unit price dari pemasok dikalikan dengan diskon.
•    Silakan Anda capture PO yang dihasilkan


A.5Penerimaan Barang
Tabel 5 Daftar Penerimaan Barang
Nama                      Jumlah Barang yang Diterima              Lokasi Tujuan
Gula Pasir                      1000                                        Physical Location/[Nama Perusahaan]/Stock/Shelf 1
Gula Merah                    1000                                        Physical Location/[Nama Perusahaan]/Stock/Shelf 1
Kacang tanah                  1000                                        Physical Location/[Nama Perusahaan]/Stock/Shelf 2


Sesudah penerimaan barang pertama diproses, silakan Anda capture daftar produk Anda (harus kelihatan ketiga item di atas), di menu Purchases->Products->Products

Gambar 2 Hasil Capture Daftar Produk Setelah Penerimaan Barang

Silakan Anda bandingkan data di gambar 1 dengan data di gambar 2. Data apa saja yang berubah? Mengapa demikian?
Pada gambar 1  untuk real stok dan virtualstock belum terupdate qty sedangkan pada gambar 2 sudah terupdate qty

Silakan Anda perbarui cost price product dengan cost price dari PT Indah.
Name                Cost Pice PT Indah
Gula Pasir           9,500.00
Gula Merah        13,300.00
Kacang tanah     17,100.00

B. Pengiriman Barang ke Pelanggan
B.1 Setting Data
Tabel 6 Data Pelanggan
Supplier                  Contact Name         Street
Minimarket BSP     Lala Irnawati         Pasar Mitra Raya Batam
Minimarket Jaya    Sudomo                  Pasar Mega Legenda Batam


B. 2Permintaan informasi
Buatlah dokumen penawaran (dokumen quotation) untuk ketiga barang di tabel 2 kepada pelanggan di tabel 3 ! Setiap pelanggan ditawari 100 kg untuk setiap itemnya. Gunakan sale price

Silakan Anda capture dokumen quotation yang Anda hasilkan untuk Minimarket BSP !

Silakan Anda capture dokumen quotation yang Anda hasilkan untuk Minimarket Jaya !

 B. 3Memasukkan pesanan
Berikut daftar pesanan dari pelanggan yang diajukan ke perusahaan Anda setelah mereka menerima quotation:
•    Minimarket BSP memesan gula pasir sebanyak 200 kg dan gula merah sebanyak 150 kg.
•    Minimarket Jaya memesan gula pasir 25 kg, gula merah 25 kg, dan kacang tanah 25 kg

Silakan Anda capture dokumen pesanan penjualan (sales order) yang Anda hasilkan untuk Minimarket BSP!


Silakan Anda capture dokumen pesanan penjualan (sales order) yang Anda hasilkan untuk Minimarket Jaya!

Sesudah sales order diproses, silakan Anda capture daftar produk Anda (harus kelihatan ketiga item di atas), di menu Sales->Products--> Products


Gambar 3 Hasil Capture Daftar Produk Setelah Penerimaan Barang

Silakan Anda bandingkan data di gambar 2 dengan data di gambar 3. Data apa saja yang berubah? Mengapa demikian?
Pada gambar 3 virtual stock qtynya berkurang setelah ada pesanan dari kedua minimarket sedangkan pada gambar 2 qty belum berkurang karena belum ada pesanan dari kedua minimarket tersebut.

B.4 Pengiriman
Barang sudah tersedia, lakukan pengepakan dan pengiriman barang. Data pengiriman silakan dicatat di Open ERP
C. Warehouse
1.    Silakan Anda buka menu warehouseproducts movesreceive product. Jelaskan apa manfaat fitur tersebut
Digunakan untuk merecord segala transaksi penerimaan barang berdasarkan packing list dari supplier   yang meliputi :
•    reference ( sebagai acuan transaksi pengiriman )
•    Origin ( Nomor serial )
•    Partner ( Nama customer )
•    Product ( nama product yang di kirim )
•    Quantity ( Jumlah yang akan dikirim )
•    Uom ( Menyatakan dalam jumlah per Pce )
•    Date ( Tanggal dan jam transaksi pengiriman)
State ( Menyatakan status bahwa barang itu sudah dikirim atau belum )

2.    Silakan Anda buka menu warehouseproducts movesdeliver product. Jelaskan apa manfaat fitur tersebut
Digunakan untuk merecord segala transaksi pengiriman product ke customer yang meliputi :
•    reference ( sebagai acuan transaksi pengiriman)
•    Origin ( Nomor serial )
•    Partner ( Nama customer )
•    Product ( nama product yang di kirim )
•    Quantity ( Jumlah yang akan dikirim )
•    Uom ( Menyatakan dalam jumlah per Pce )
•    Date ( Tanggal dan jam transaksi pengiriman)
State ( Menyatakan status bahwa barang itu sudah dikirim atau belum )

3.    Silakan Anda buka menu warehousetraceabilitystock moves. Jelaskan apa manfaat fitur tersebut
Form ini memberikan penelusuran penuh terhadap kegiatan penyediaan produk tertentu sehingga kita bisa menyaring dan melihat transaksi perpindahan produk yang lama dan transaksi yang baru , yang meliputi :
•    Name
•    reference ( sebagai acuan transaksi pengiriman)
•    Origin ( Nomor serial )
•    Partner ( Nama customer )
•    Product ( nama product yang di kirim )
•    Quantity ( Jumlah yang akan dikirim )
•    Uom ( Menyatakan dalam jumlah per Pce )
•    Source location
•    Destination Location
•    Date
•    Schedule Date
State

Jelaskan informasi-informasi penting yang ada di fitur tersebut !



4.    Silakan Anda buka menu warehouseinventory controlLocation structurePhysical Locations[nama perusahaan]StockShelf 1

Silakan Anda masukkan di isian from : tanggal kemarin dan di isian to : tanggal hari ini
Silakan Anda capture daftar produk. Prioritaskan mencapture produk di tabel 2.

5.    Silakan Anda buka menu warehouseinventory controlLocation structurePhysical Locations[nama perusahaan]StockShelf 2

Silakan Anda masukkan di isian from : tanggal kemarin dan di isian to : tanggal hari ini
Silakan Anda capture daftar produk. Prioritaskan mencapture produk di tabel 2.


6.    Silakan Anda buka menu warehouseinventory controlPhysical Inventories
Di tahap ini dilakukan pencatatan data barang, hasil pengecekan jumlah barang.
Buatlah aktivitas pencatatan inventory baru, dan isi dengan data di bawah ini :
Lokasi     Nama             Kuantitas    UoM
Shelf 1    Gula Pasir      775              kg
Shelf 1    Gula Merah    825              kg
Shelf 2    Kacang tanah   975             kg

D. Kesimpulan
1.    Tulis kesimpulan Anda di sini!
2.    Apakah Anda mengalami kesulitan dalam mengerjakan praktikum ini?



































0 komentar:

Poskan Komentar

  • Replace This Text With Your Featured Post 1 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 2 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 3 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 4 Description.